Di Posting untuk memenuhi salah satu
tugas mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD)
Jurusan : Teknik Informatika
Kelas : TIB/II
Dosen : Drs. Ana Maulana, M.Pd
====================================================================
Pengertian Pendidikan Umum
General education menurut R.O Hand
dan D.Biona adalah proses membina manusia seutuhnya, yaitu manusia yang
seimbang pengetahuan, kemampuan berfikir, perasaan, kesadaran keterampilanya,
manusia yang sehat rohani(mental) dan jasmaninya, manusia yang mampu
menyerasikan diri dengan masyarakat, memahmi orang lain dengan baik, responsif
terhadap kebutuhan orang lain sebagai mitra yang baik, manusia yang mampu
mengatur/menyerasikan pribadi, memahami diri sendiri, tenang dan wajar dalam
mengatasi situasi yang nyata.
Sedangkan menurut Wolfgang Klafki
General Education merupakan pengembangan daya kemampuan mnnusia, pendidikan
komprehensif untuk meningkatkan kemampuan intelektual-rasional (kognitif ),
emosional yang penuh kesadaran (afektif) dan keterampilan dalam arti yang
seluas-luasnya (kognitif -afektif dan psikomotor) dan berlaku untuk semua orang
secara umum.
Secara istilah
Liberal arts berarti kajian yang
ditujukan untuk memberikan pengetahuan umum dan kemampuan intelektual lebih
baik daripada jabatan khusus, ilmiah, atau kemampuan artistik. Kata liberal
dalam liberal arts berasal dari bahasa latin liberealis, berate tepat bagi
orang bebas, dan kata ini berlawanan dengan makna servile arts. Liberal arts
menunjukkan jenis-jenis kemampuan dan pengetahuan umum yang dibutuhkan oleh
masyarakat elit. Dalam sejarah pendidikan, 7 liberal art terdiri dari dua
kelompok studi, yaitu trivium dan quadrivium. Studi-studi dalam trivium
melibatkan grammar, dialektik (logika) dan retorik, sedangkan studi-studi dalam
quadrivium melibatkan aritmetika, musik, geometri dan astronomi. Pendidikan
Liberal arts mampu membantu siswa dalam mengembangkan pemikiran kritis dan
kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan untuk berkomunikasi secara jelas dan
efektif. Juga dapat meningkatkan kemempuan kita untuk hidup.
Menurut T.R McConne dan Harold H. T
Liberal Education merupakan
pendidikan yang perhatiannya kepada sejumlah mata pelajaran (subjec matter
oriented), yang organisasi kurikulumnya terarah pada pengembangan logika
mengikuti garis sistematika bidang-bidang pengetahuan yang tertuju pada
pengembangan intelektual. Sasaran yang hendak dituju dalam nm Liberal Education
adalah :
- Memberikan pengetahuan yang sebanyak-banyaknya kepada peserta didik yang meliputi liberal arts, filsafat, bahasa, matematika, dan pengetahuan alam.
- Membekali peserta didik dengan latar belakang budaya yang luas yang memberikan peluang kepada manusia memiliki wawasan yang memadai tentang dunia kehidupannya.
General Education di Indonesia
Sistem
pendidikan modern cenderung mengarah pada suatu proses dehimanisasi.
Ditandai oleh penajaman kajian keilmuan atau spesialisasi berlebihan
dalam bidang-bidang tertentu. Maka sistem pendidikan cenderung hanya
memahami manusia pada satu aspek tertentu saja, sedangkan aspek-aspek
lainnya diabaikan.
Pendidikan
seperti ini menghasilakan pola lulusan yang pola fikir, pola hidup
bersifat materialistis dan perilaku mekanistik. Mereka menjadi suatu
generasi yang miskin akan nilai-nilai kemanusiaan yang hakiki. Sangat
menghawatirkan generasi masa depan. Mereka masuk ke dalam persaingan
global dengan menghalalkan segala cara demi mencapai kesuksesan materi
semata.
Konsep
pendidikan umum di Indonesia berangkat dari UU no 20 tahun 2003 tentang
sistem pendidikan nasional, kurikulum pendidikan nasional. Berdasarkan
dari tujuan pendidikan nasional, kurikulum pendidikan nasional Indonesia
selalu memuat nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan secara
terintergrasi.
General education/pendidikan
umum yang ada di Amerika telah dikolaborasikan oleh para ahli
pendidikan di Indonesia menjadi studi/mata kuliah yang dulu disebut
MKDU. MKDU di bagi menjadi dua kelompok yaitu :
MPK
(mata kuliah pengembangan kepribadian yang meliputi : Pendidikan
Pancasila, Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewiraan Nasional).
MBB
(mata kuliah berkehidupan bermasyarakat yang meliputi mata kuliah ISD,
IBD, dan IAD) dan IBD dan ISD melebur menjadi mata kuliah ISBD.
Pemetaan aspek pembelajaran dalam kelompok mata kuliah :
· MPK, MKK (keahlian dan keilmuan – learning to know)
· MKB (keahlian berkarya – learing to do )
· MPB (perilaku berkarya – learning to be)
· MBB (berkehidupan bermasyarakat – learning to live together)
· MPK (mata kuliah pengembangan kepribadian)
Penghayatan nilai dan kepribadian – learning to be morally
Kelompok
bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang
beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti
luhur, kepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung
jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
0 komentar:
Posting Komentar